spotify

Selain menggunakan YouTube, saat ini sudah cukup banyak platform yang menyediakan layanan streaming musik secara online. Dan sampai saat ini, Spotify masih mendominasi streaming musik online.

Mengutip dari GizChina (05/04/20), Counterpoint Research baru saja mempublikasikan hasil riset tentang penggunaan layanan streaming musik online secara global. Dan hasilnya, Spotify berhasil meningkatkan jumlah penggunanya sebanyak 32 persen dari tahun ke tahun. Dengan begtiu, layanan tersebut sudah digunakan oleh lebih dari 358 juta pengguna.

“Spotify masih menempati posisi teratas lantaran terbantu dengan adanya aktivitas promosi, seperti Spotify Premium untuk tiga bulan, diskon khusus, dan adanya kampanye khusus yang fokus untuk menyediakan konten eksklusif”, kata Abhilash Kumar, Research Analyst Counterpoint.

Lebih detailnya, Counterpoint Research mencatat bahwa Spotify menguasai pangsa pasar sebesar 35 persen. Sementara posisi kedua ditempati oleh Apple Music dengan porsi 19 persen. Sementara Amazon Music menempati posisi ketiga dengan angka 15 persen.

Hingga akhir tahun 2020 sendiri, Counterpoint Research pun yakin bahwa masih ada peluang bagi para penyedia layanan streaming musik untuk menumbuhkan platformnya hingga 25 persen. Dan setidaknya, masih ada pertumbuhan pengguna setidaknya sebanyak 450 juta pengguna.