Google Classroom bisa diakses melalui dekstop atau gawai.

Di tengah pandemi Covid-19, banyak aplikasi penunjang untuk tetap melakukan kegiatan belajar mengajar dari rumah. Salah satunya adalah Google Classroom untuk guru dan murid.

Google Classroom merupakan sebuah sistem manajemen kegiatan belajar mengajar yang juga dapat digunakan untuk menyimpan arsip. Aplikasi ini bisa diakses melalui desktop (lewat situs classroom.google.com) maupun gawai (diunduh melalui Play Store maupun App Store).

Pengguna dapat login ke Classroom dengan menggunakan salah satu akun berikut. Pertama, akun sekolah atau dikenal sebagai akun G Suite for Education.

Akun tersebut disiapkan oleh sekolah yang terakreditasi. Nama akun akan terlihat seperti anda@sekolahanda.edu. Pengguna bisa menanyakan pada pengajar atau staf IT sekolah bisa tidak mengetahui detail akun G Suite for Education.

Baca Juga:  Belum Diluncurkan, Layanan Bank Google Keburu Ditutup

Kedua, akun google pribadi.  Akun Google pribadi umumnya digunakan di luar lingkungan sekolah, seperti homeschooling atau klub. Akun ini disiapkan oleh pengguna atau orang tua. Wali pengguna juga bisa menyiapkan akun ini.

Nama akun terlihat seperti anda@contoh.com. Ketiga akun G Suite yang disiapkan oleh admin organisasi pengguna. Nama akun pengguna terlihat seperti anda@organisasianda.com.

Menurut laman support Google, orang tua dan wali tidak dapat mengakses Classroom atau tugas anaknya dikarenakan undang-undang privasi. Mereka bisa menerima email evaluasi, jika diizinkan oleh pengajar.

Setelah mempersiapkan akun, pastikan pengguna memiliki konekasi internet yang aktif untuk login. Bagi pengguna baru atau login untuk pertama kali, buka classroom.google.com, lalu klik Buka Classroom .

Baca Juga:  Perangkat Baru Google, Android 12.1 dan Punya Dua Layar

Masukkan alamat email akun Classroom pengguna, lalu klik Berikutnya. Masukkan sandi, lalu klik Berikutnya. Langkah selanjutnya, jika ada pesan selamat datang, tinjau pesan tersebut, lalu klik Terima.

Jika pengguna menggunakan akun G Suite for Education, klik Saya Seorang Siswa atau Saya Seorang Pengajar. Pengguna yang mengunakan akun Google pribadi tidak akan melihat opsi tersebut.

Setelah itu klik Mulai. Apabila pengguna telah login ke beberapa akun dan perlu beranti ke akun yang digunakan dengan Classroom, caranya adalah klik gambar profil atau inisial penguna di bagian atas dan pilih akun yang digunakan dengan Classroom.

Google Classroom menyediakan fitur-fitur yang mempermudah kegiatan belajar mengajar. Dengan fitur  Announcements, guru bisa dengan mudah membagikan pengumuman penting bagi seluruh siswa.

Baca Juga:  Cara Menonaktifkan Google Assistant di Android

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur Assignments. Guru bisa memberikan penugasan melalui fitur tersebut. Guru dapat melengkapi penugasan dengan deskripsi, tenggat waktu (deadline) dan menyisipkan sejumlah gambar, petunjuk maupun video.

Soal ruang kelas, aplikasi ini memberikan empat opsi yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Opsi pertama adalah stream atau forum. Lewat opsi ruang kelas ini, maka guru dan murid dapat berinteraksi secara langsung untuk melakukan diskusi.

Opsi berikutnya adalah Classwork. Melalui kelas ini, guru dan murid diberikan kemudahan dalam mendistribusikan tugas-tugas yang ada.  Selanjutnya, Google Classroom juga menghadirkan section Grades yang digunakan untuk melakukan rekapitulasi penilaian para murid.

Source link