Covid-19 berdampak besar pada dunia pendidikan, pasalnya kegiatan belajar mengajar yang biasanya tatap muka menjadi via online. Hal tersebut membuat anak menjadi terbiasa memegang gadget.

Dengan terlalu sering memegang gadget membuat anak kecanduan. Namun, bagaimana masalah tersebut bisa teratasi? Terutama bagi orang tua yang setiap hari bersama mereka.

Menurut ahli Psikolog Personal Growth Kantiana, menjelaskan bahwa peran orang tua sangat penting dan harus membuat dan menyepakati jadwal keseharian untuk anak.

Bahkan orang tua pun harus mencari alternatif lain sebagai pengganti gadget, dan setiap kegiatan memiliki batas waktu tertentu.

“Berikan juga berbagai alternatif kegiatan pengganti main gadget, lebih baik jika dapat sekaligus dilakukan bersama orangtua untuk meningkatkan kedekatan. Lalu berikan juga batas waktu untuk anak. Rutinitas dan batas waktu ini perlu diterapkan dengan konsisten. Konsisten juga dalam menerapkan konsekuensi yang disepakati, ketika anak tidak mengikuti aturan yang ada,” kata Psikolog Personal Growth Kantiana, dikutip mediajabar.com dari detik.com, Jumat (17/7/2020).

Adapun menurut Gisella Tani Pratiwi, M.Psi yang merupakan seorang Psikolog Klinis Anak. Ada beberapa tips yang bisa diterapkan, diantaranya:

1. Batasi Waktu Penggunaan Gadget

Agar anak tidak kecanduan gadget, cobalah untuk membatasi waktu penggunaan gadget pada anak. Selain itu, sosialisasikan fungsi penggunaan gadget kepada anak contohnya untuk belajar atau untuk menjalin hubungan sosial.

2. Memilih Konten Terbaik Untuk Anak

Pastikan pemilihan konten oleh orang tua, sesuai dengan anak dan harus berkualitas. Bukan hanya mampu menyelesaikan tugas dari sekolah, tapi anak dapat benar-benar menyerap informasi penting untuk pelajaran mereka.

3. Contohkan Kebiasaan Menggunakan Gadget yang Sehat

Sebagai orang tua memiliki peranan penting terhadap anak. Maka dari itu, dengan memberikan contoh penggunaan gadget yang sehat kepada anak merupakan suatu tindakan agar anak Anda tidak kecanduan gadget.

Peran dan kewajiban orang tua sangat penting sekali dalam mendidik anak. Terutama dalam kondisi seperti saat ini, dimana penggunaan gadget yang berlebihan akan dengan mudah membuat anak kecanduan gadget tersebut.

Source link