CIREBON – Telkom Regional III Jawa Barat, saat ini tengah mempercepat proses penyediaan infrastruktur internet untuk seluruh desa di Kabupaten Cirebon. Hingga saat ini, jumlah desa yang sudah tersedia sebanyak 200.

Manager Marketing Divisi Telkom Regional III Jawa Barat, Heru Agung Nugrahanto, mengatakan, dalam tiga bulan ke depan, seluruh desa dan kelurahan di Kabupaten Cirebon, sudah bisa terkoneksi dengan jaringan fiber optik.

“Pada triwulan ketiga ini, kami akan kebut semua, sehingga 412 desa bisa terkoneksi internet,” kata Heru Agung di Kabupaten Cirebon, Selasa (14/7/2020).

Nantinya, bila seluruh desa di Kabupaten Cirebon sudah terkoneksi dengan jaringan fiber optik, daerah tersebut menjadi yang pertama seluruh desanya tersambung jaringan internet.

Baca Juga:  Manfaat "Internet of Things" Bagi Umat Manusia

Pemerintah Kabupaten Cirebon akan memfasilitasi akses internet untuk seluruh desa dan kelurahan. Saat ini, pemerintah daerah sudah berkoordinasi dengan perusahaan penyedia koneksi internet tersebut.

Berdasarkan informasi, jumlah desa di Kabupaten Cirebon yang akan mendapatkan fasilitas internet sebanyak 412 desa dan 12 kelurahan.

“Semuanya akan tersambung dengan internet,” kata Bupati Cirebon Imron Rosyadi.

Imron mengatakan, adanya akses internet yang menyeluruh di seluruh desa dan kelurahan diharapkan menjadi lebih baik, terutama dalam hal pelayanan kepada masyarakat.

Kemudian, kata Imron, masyarakat pun bisa melihat secara langsung perkembangan yang ada di Kabupaten Cirebon, tanpa harus datang ke pusat pemerintahan di Kecamatan Sumber.

“Masyarakat juga bisa mengetahui perkembangan lainnya, yang terjadi di Indonesia dan luar negeri. Seperti contoh, nanti orang Susukan Lebak, bisa melihat informasi dunia,” katanya.

Baca Juga:  Internet Sering Lemot? Yuk, Lakukan Tips Ini

Selain meningkatkan wawasan kepada masyarakat, fasilitas internet yang diterima oleh masyarakat di desa dan kelurahan, akan menjadi cara menunjukkan kualitas dan memajukan daerah.

“Bagaimana caranya, internet ini menjadi salah satu cara terbaik memajukan daerah,” katanya. (K45)

Source link