AWS mengumumkan bahwa AWS akan menyelenggarakan DeepRacer Women’s League untuk pertama kalinya di dunia dengan mengambil lokasi di Asia Tenggara.

AWS (Amazon Web Services) hari ini mengumumkan bahwa AWS akan menyelenggarakan DeepRacer Women’s League untuk pertama kalinya di dunia. Mengambil lokasi di Asia Tenggara, AWS DeepRacer Women’s League tersebut akan berlangsung pada sejumlah tanggal di sejumlah negara Asia Tenggara. Tujuannya adalah untuk mendukung perempuan di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand berpartisipasi di sektor teknologi lewat pengembangan kemahiran pada bidang ML (machine learning). AWS DeepRacer Women’s League merupakan kejuaraan balap menggunakan miniatur mobil yang sepenuhnya otonom dan telah disuntik dengan teknologi RL (reinforcement learning), dan tentunya khusus untuk perempuan.

“Di AWS, kami paham betul akan pentingnya membangun tenaga kerja yang inklusif dan multitalenta agar organisasi dapat terus berinovasi, bertumbuh, dan berkembang,” ujar Tan Lee Chew (Managing Director for ASEAN, Worldwide Public Sector, Amazon Web Services). “Menjadi pelopor digelarnya AWS DeepRacer League pertama yang diperuntukkan secara khusus bagi perempuan merupakan langkah nyata kami untuk membuka kesempatan pelajar-pelajar perempuan untuk mengasah kepiawaian mereka di bidang teknologi cloud mutakhir. Inisiatif ini diharapkan juga akan mampu mendorong terkereknya perekonomian di Asia Tenggara melalui lahirnya perempuan-perempuan tangguh yang memiliki bekal kecakapan dan keahlian di beragam bidang ilmu dan siap menyongsong masa depan,” tambah Tan Lee Chew.

Baca Juga:  AWS Dorong Adopsi Cloud di Indonesia

Seperti AWS DeepRacer League, lomba balap yang dilakukan tentu menggunakan AWS DeepRacer Vehicle. AWS DeepRacer Vehicle merupakan mobil RC (radio control) dengan ukuran 1/18 mobil asli yang mampu menjalankan inference pada suatu model AWS DeepRacer yang telah dilatih untuk autonomous driving. AWS DeepRacer League sendiri diumumkan pada AWS re:Invent 2018 dan telah digelar sejak 2019. Balap ini terbuka untuk diikuti oleh siapa saja, termasuk yang belum memiliki pengetahuan ML sebelumnya maupun mereka yang ingin bereksperimen dengan ML untuk pertama kalinya.

Pada AWS DeepRacer League, peserta melombakan AWS DeepRacer Vehicle-nya yang menjalankan model ML yang telah dikembangkan maupun dioptimalkannya. Selain mendapatkan hadiah, AWS DeepRacer League juga memungkinkan peserta untuk membandingkan model ML-nya dengan para peserta lain dan belajar bersama. AWS DeepRacer League sendiri hadir secara fisik dan secara virtual.

Baca Juga:  Data Penumpang Lion Air Bocor, Server Amazon Diklaim Tetap Aman Halaman all

Kejuaraan virtual AWS DeepRacer Women’s League resmi dimulai pada tanggal 1 Agustus 2020. Negara pertama untuk penyelengaraan liga itu adalah Thailand. Menyusul kemudian Malyasia pada tanggal 8 Agustus 2020. Indonesia sendiri merupakan negara ketiga yang akan menyelenggarakan AWS DeepRacer Women’s League pada tanggal 15 Agustus 2020. Selanjutnya adalah Filipina pada tanggal 22 Agustus 2020, dan terakhir adalah Singapura pada tanggal 29 Agustus 2020.

Peringkat lima teratas akan memenangkan AWS promotional credits senilai masing-masing US$300. Juara pertama sampai ketiga akan membawa pulang pula piala kejuaraan. Ketiga juara dari setiap negara akan maju ke babak grand final untuk saling bersaing. Babak grand final ini akan diselenggarakan pada bulan September 2020 dan para juara berpeluang memenangkan AWS promotional credits senilai masing-masing US$300, monitor dengan kualitas tinggi, serta piala. Pendaftaran AWS DeepRacer Women’s League telah dibuka dan akan berakhir pada tanggal 30 Juli 2020. Informasi lebih lanjut bisa dilihat di https://buildonasean.com/awsdeepracer/.

Baca Juga:  Pemerintah Gandeng Amazon Kerja Sama Bidang Cloud Computing

Source link