PitaData.com — Aplikasi Zoom menjadi aplikasi yang paling sering digunakan dalam masa pandemi ini. Tetapi, terkadang di Zoom,  aspek audio sering menjadi masalah. Padahal aspek itu paling penting saat mengikuti pertemuan.

Jika audio bermasalah, pengguna tidak dapat mendengar apa yang sedang dibicarakan di Zoom. Sebaliknya, orang lain pun tidak dapat mendengar apa yang diucapkan pengguna. Selain audio, video juga dapat menjadi hambatan bagi pembicara jika mengalami masalah.

Ada beberapa masalah audio yang umum terjadi pada pertemuan Zoom. Dilansir dari Android Central, berikut cara memperbaiki masalah audio Zoom di desktop ataupun melalui aplikasi seluler:

1. Cara memperbaiki masalah mikrofon Zoom di Desktop

  • Pengguna perlu memberikan izin Zoom untuk mengakses kamera dan mikrofon di komputer sebelum pengguna memulai panggilan.
  • Jika pengguna mengalami masalah, pengguna dapat memperbaikinya melalui Mac dengan membuka aplikasi System Preferences > klik Security and Privacy > masukkan kata sandi perangkat untuk log in > klik pada tab Privacy > klik pada tab Microphone di bilah navigasi kiri > klik untuk menyetujui penggunaan aplikasi Zoom atas mikrofon pengguna.
  • Kemudian klik pada tab Camera di bilah navigasi kiri > terakhir, klik untuk menyetujui penggunaan kamera untuk aplikasi Zoom.
Baca Juga:  Mudah! Ini Cara Mendaftar Zoom di Perangkat iOS dan Android

2. Cara memperbaiki masalah speaker Zoom di desktop

  • Jika izin kamera dan mikrofon bukan letak masalahnya, pengguna mungkin harus mengecek pengaturan audio perangkat seperti speaker. Untuk menyesuaikannya, buka aplikasi Zoom di dekstop > klik ikon roda gigi di sudut kanan atas untuk membuka menu Settings Zoom > klik tautan Audio di bilah navigasi kiri.
  • Kemudian klik Test Speaker untuk memastikan pengguna dapat mendengar output audio > klik Test Mic untuk memastikan bahwa orang lain dapat mendengar suara pengguna > klik pada Join audio by computer saat bergabung dengan pertemuan Zoom dan klik Mute microphone saat bergabung dengan pertemuan Zoom jika pengguna tidak ingin suara dari lingkungan sekitar pengguna mengganggu.
  • Pengguna dapat mengklik tombol Advanced di kanan bawah aplikasi Zoom untuk menyesuaikan pengaturan tambahan.
Baca Juga:  Cara Mengubah Background Zoom di HP

3. Cara memperbaiki masalah mikrofon Zoom di Android dan iPhone

  • Untuk memastikan bahwa pengguna telah memberikan izin Zoom untuk mengakses dan menggunakan mikrofon smartphone, buka Settings ponsel > pilih menu Apps & notifications > klik Zoom app > pilih Permissions > klik pada toggle Microphone untuk mengizinkan Zoom menggunakan mikrofon pada smartphone.
  • Jika pengguna masih mengalami masalah, pengguna harus mengecek pengaturan di dalam aplikasi. Sebelum pengguna memulai atau bergabung dengan pertemuan Zoom, ketuk ikon Settings di sudut kiri bawah > klik Meeting > klik toggle Always Mute My Microphone menjadi nonaktif.
  • Jika tidak ada yang dapat mendengar suara pengguna, pengguna mungkin lupa membagikan izin audio. Untuk memperbaikinya, ketuk layar untuk membuka menu bawah > klik tombol Join Audio di sudut kiri bawah > klik panggilan melalui Device Audio.
  • Mungkin pengguna juga tidak sengaja melakukan mute atau membisukan diri sendiri atau host panggilan membungkam pengguna. Jika demikian, ketuk layar dan lihat ikon mikrofon di sudut kiri bawah. Jika warnanya merah dengan garis melintang, artinya pengguna telah dibisukan. Jika pengguna ingin berbicara, ketuk Unmute untuk mengaktifkan mikrofon.
  • Jika cara ini tidak berhasil, masuk ke multitasker perangkat pengguna untuk memastikan tidak ada aplikasi lain yang menggunakan mikrofon, seperti aplikasi audio, podcast, atau lainnya, dan tutup paksa.
Baca Juga:  Mudah! Ini Cara Mendaftar Zoom di Perangkat iOS dan Android

4. Cara memperbaiki masalah speaker Zoom di Android dan iPhone

  • Jika pengguna tidak dapat mendengar apa pun, ketuk pada layar untuk melihat apakah speaker pengguna aktif. Pengguna dapat melihat ikon speaker di pojok kiri atas. Ketuk ikon speaker untuk menyalakan kembali speaker jika tidak aktif.
  • Jika tidak berhasil, coba gunakan headphone. Namun jika masih gagal, coba mulai ulang aplikasi dan gabung kembali dengan pertemuan Zoom.
  • Langkah-langkah di atas merupakan cara untuk memperbaiki masalah audio Zoom di dekstop dan seluler yang dapat dilakukan oleh pengguna. Selamat mencoba!

Source link