Jakarta: Apple mengumumkan rencananya untuk mengeliminasi kontribusinya terhadap perubahan iklim pada dekade ini. Untuk mencapai targetnya menjadi perusahaan bebas karbon pada tahun 2030, Apple akan memangkas polusi gas rumah kaca sebesar 75 persen.
 
Mengutip The Verge, Apple kemudian akan mencari cara untuk mengurangi emisi yang memerangkap panas sebesar 25 persen yang tersisa. Environment Progress Report 2020 melaporkan bahwa Apple juga memangkas emisi karbon dioksida sebesar 4,3 juta metrik ton pada tahun 2019.
 
Besaran tersebut mewakili penurunan sebesar 35 persen dari emisi karbon dioksida absolut sejak puncak prestasi Apple pada tahun 2015, pengurangan yang mampu dicapai bahkan saat perusahaan ini berhasil menjual lebih banyak produk.

Baca Juga:  Blockchain Bagikan "Jutaan Dolar" bagi Pengguna Crypto

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?




Happy





Inspire





Confuse





Sad


Namun, Apple masih menghasilkan banyak karbon dioksida pada tahun 2019 lalu, sebesar 25,1 juta metrik ton, setara dengan pabrik berbahan bakar batu bara yang beroperasi selama satu tahun. Apple telah berhasil mengurangi kontribusinya terhadap polusi yang memperburuk suhu Bumi dengan menggunakan bahan daur ulang dan meningkatkan efisiensi energi di produknya.
 
Produk karya raksasa teknologi asal Amerika Serikat ini menggunakan energi 73 persen lebih sedikit jika dibandingkan rata-rata pengurangan penggunaan energi yang dilakukan Apple pada 11 tahun lalu. Apple menyebut bahwa operasinya, termasuk emisi dari fasilitas perakitan dan produksi serta perjalanan bisnis, menjadi bebas karbon pada bulan April tahun 2020 lalu.
 
Pada tahun 2018, Apple mengumumkan akan membeli energi terbarukan dalam jumlah cukup untuk mendayai operasi perusahaannya di seluruh dunia. Sejumlah pihak menilai akan lebih sulit bagi Apple untuk mengurangi emosi dari proses produksi produknya, yang berkontribusi sebesar 76 persen dari jejak karbon perusahaan ini pada tahun 2019 lalu.
 
Untuk mengatasi tantangan ini, Apple tengah mengeksplorasi kerja sama dengan pemasok yang berkecimpung di bisnis energi terbarukan. Apple menyebut telah menerima komitmen dari lebih dari 70 pemasok untuk menggunakan hanya energi terbarukan untuk produksi Apple.
 
Dari komitmen ini, Apple memperkirakan akan mengurangi emisi karbon dioksida setara dengan mengurangi tiga juta mobil yang berkendara di jalan raya per tahunnya. Selain itu, Apple juga mengklaim akan mampu mengurangi kontribusi karbon dioksida yang terlepas ke atmosfer.
 
Namun alih-alih berinvestasi pada teknologi berkembang seperti sejumlah pesaingnya, Apple berkomitmen untuk bekerja sama dengan kelompok lingkungan seperti Conservation International untuk melindungi dan mengembalikan hutan hujan dan mangrove yang menyerap dan menyimpan karbon dioksida secara alami.
 

Baca Juga:  Selain iPhone 13, Apple Rilis Produk Ini di Apple Event

(MMI)

Source link