Produsen teknologi Apple memperingatkan para pengguna bahwa getaran dalam frekuensi tertentu, di antaranya dari mesin sepeda motor berkekuatan tinggi, dapat merusak sistem kamera iPhone.

“Mengekspos iPhone Anda ke getaran amplitudo tinggi dalam rentang frekuensi tertentu, khususnya yang dihasilkan oleh mesin sepeda motor berdaya tinggi, dapat menurunkan kinerja sistem kamera,” tulis Apple di situs resmi bagian bantuan.

Lebih lanjut Apple menjelaskan Optical Image Stabilization (OIS) dan closed-loop autofocus (AF) di iPhone dirancang untuk ketahanan lensa kamera.

Namun, seperti halnya elektronik yang mencakup sistem seperti OIS, paparan langsung dalam jangka panjang terhadap getaran amplitudo tinggi dalam rentang frekuensi tertentu disebut dapat menurunkan kinerja sistem dan menyebabkan penurunan kualitas gambar untuk foto dan video.

Baca Juga:  Terungkap! Ini Wujud IPhone 12 Mini Yang Belum Dirilis Apple

Apple menyarankan penggunanya menghindari perangkat iPhone dari getaran seperti itu.

Apple menyebut mesin sepeda motor berdaya tinggi atau bervolume tinggi menghasilkan getaran amplitudo tinggi yang intens, yang disebut ditransmisikan melalui sasis dan setang.

Apple tidak menyarakan memasang iPhone ke sepeda motor dengan mesin berdaya tinggi atau bervolume tinggi, karena amplitudo getaran dalam rentang frekuensi tertentu yang dihasilkannya.

Memasang iPhone di kendaraan kecil atau mesin listrik seperti moped dan skuter, dapat menyebabkan getaran dengan amplitudo yang relatif lebih rendah.

Tetapi jika Anda tetap melakukan pemasangan, disarankan untuk menambahkan peredam getaran untuk mengurangi risiko kerusakan pada iPhone dan perangkatnya sistem OIS dan AF.

Baca Juga:  Apple Siap Luncurkan 2 AirPods Baru, Kapan?

OIS merupakan sistem yang berfungsi agar gambar tidak kabur meski penggunanya bergerak. OIS dapat ditemukan di iPhone keluaran terbaru, iPhone 6 Plus, iPhone 6s Plus dan iPhone 7.

“Disarankan juga untuk menghindari penggunaan rutin dalam waktu lama untuk mengurangi risiko kerusakan lebih lanjut,” tutupnya.

Sumber: CNN Indonesia

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar anda
Mohon masukkan nama anda disini