PitaData.com – Mitra produsen Apple yakni Foxconn telah mulai merakit iPhone 11 di pabrik mereka di dekat Chennai, India. Ini adalah kali pertama India mulai memproduksi iPhone keluaran terbaru.

Melansir TechCrunch, Apple sudah memproduksi iPhone di India sejak 2017 lalu, dan kini Apple mulai mempertimbangkan untuk memindahkan produksi model-model premiumnya di negeri Hindustan.

Apple sendiri melihat potensi besar di India, mengingat tahun lalu negara tersebut adalah pasar smartphone terbesar kedua di dunia, di bawah Tiongkok dan di atas AS.

Jadi, Apple melancarkan strategi untuk memproduksi iPhone lawas dan menjualnya dengan harga terjangkau di sana, tanpa ada bea masuk dari Tiongkok. Produk elektronik buatan luar negeri sendiri dikenakan bea impor 20 persen untuk masuk ke India.

Baca Juga:  Fantastis! Buku Manual Apple II Bertandatangan Steve Jobs Laku Dilego Rp 11,3 Miliar

Nah kali ini, India mulai memproduksi iPhone terbaru dan premium. Meski demikian, produk-produk ini akan diekspor balik untuk pasar global, karena pasar iPhone di India masih kecil, yakni 1 persen saja.

Peningkatan produksi di India juga dilakukan Apple untuk mengurangi ketergantungan ke Tiongkok, di mana sebagian besar produk Apple diproduksi di sana.

Sebelumnya, Foxconn disebut telah melakukan investasi sebesar 1 miliar Dollar untuk berekspansi di India. Tepatnya, di daerah selatan India di mana pabrik iPhone sudah berdiri di sana.

Hal ini juga satu visi dengan inisiatif nasionalis dari perdana menteri India Narendra Modi yakni “Make in India.” Sehingga proyek ini disebut akan berjalan lebih mudah.

Baca Juga:  Irlandia Tak Lagi Jadi Surga Pajak untuk Google, Facebook, dan Apple

Source link