Aplikasi besutan Google yang mengusung fungsi serupa AirDrop untuk Android dilaporkan akan rilis dalam waktu dekat. Informasi ini diketahui dari sejumlah bocoran mengenai aplikasi bernama Nearby Share tersebut.

Dikutip dari GSM Arena, Senin (20/7/2020), aplikasi ini dilaporkan akan mulai tersedia pada Agustus 2020. Seluruh pengguna Android, mulai dari versi Android 6.0 hingga paling terbaru, disebut dapat menggunakan aplikasi ini.

Nantinya, tidak hanya untuk Android, Google memiliki rencana agar aplikasi ini mendukung platform lain, termasuk Windows, ChromeOS, macOS, hingga Linux.

Untuk informasi, aplikasi Nearby Share memungkinkan pengguna berkirim file secara lebih cepat. Jadi, mereka dapat mengirimkan file dalam satu klik saja pada orang yang masuk dalam daftar kontak dan berada dekat dengan dirinya.

Baca Juga:  Heboh Palestina dihapus dari Google Maps dan Apple Maps, bagaimana faktanya?

Google memang belum mengungkap teknologi yang digunakan, tapi besar kemungkinan aplikasi ini sebenarnya masih mengandalkan Bluetooth dan Wi-Fi. Hanya proses itu dilakukan dengan bandwidth yang lebih tinggi.

Kendati demikian, belum dapat dipastikan seperti apa adopsi aplikasi ini nantinya. Sebab, sejumlah manufaktur perangkat Android sudah menghadirkan fitur serupa di perangkatnya, seperti Huawei yang memiliki Huawei Share.

Google sendiri belum memberikan informasi lebih lanjut mengenai kompabilitas Nearby Share dengan aplikasi lain sejenis yang sudah ada. Karenanya, menarik untuk menunggu seperti apa langkah perusahaan selanjutnya.

Source link