safari browser

Jika anda menggunakan perangkat Mac atau iPhone, sebaiknya segera memperbarui browser Safari. Hal ini dikarenakan peneliti keamanan menemukan lubang keamanan yang cukup berbahaya.

Para peneliti keamanan Ryan Pickren telah merinci kerentanan Safari yang baru-baru ini ditambal. Sebelumnya, para penyusup dikabarkan dapat membajak kamera dan mikrofon pada perangkat iOS dan macOS.

Para pengguna akan diberi sebuah situs web yang dapat menipu Safari agar meyakini bahwa laman tersebut memiliki izin kamera dan mikrofon. Penyerang hanya membutuhkan kombinasi alamat web yang dibuat secara khusus dengan skrip untuk melakukan “feedback”, seperti dikutip dari laman Engadget (6/4/2020).

Jika berhasil, pelaku dapat secara diam-diam menangkap audio dan video dan menguping korban. Itu bisa menjadi masalah serius ketika banyak yang mengandalkan kamera web untuk rapat jarak jauh dan kelas online selama pandemi virus corona.

Untungnya, Apple telah memperbaiki masalah ini relatif cepat setelah pengungkapan awal hal tersebut terjadi. Mereka juga sudah mengumpulkan data dalam rentang periode Januari dan Maret lalu.

Pickren mencatat ada beberapa tambalan yang dilakukan oleh Apple pada bug yang “benar-benar tua” di WebKit. Hal ini dikarenakan para peretas menggunakan bug yang berusia sangat tua untuk menyerang para pengguna Apple.

Dengan kata lain, pengguna iOS dan Mac mungkin dapat menghindari serangan hanya karena para peretas masih belum menemukan celah baru dalam pembaruan keamanan terbaru dari Safari.