Amazon AWS Logo

Amazon Web Service (AWS) minggu ini mengumumkan akan membangun infrastruktur di Indonesia pada akhir 2021 atau awal 2022. Saat diluncurkan nanti, wilayah (region) AWS Asia Pasifik (Jakarta) yang baru akan terdiri dari tiga Zona Ketersediaan (Availability Zone), dan akan menjadi wilayah kesembilan AWS di Asia Pasifik, bergabung dengan wilayah yang ada di Beijing, Mumbai, Ningxia, Seoul, Singapura, Sydney, Tokyo, dan wilayah yang akan datang, Hongkong.

Saat ini, AWS menyediakan 61 Zona Ketersediaan di 20 kawasan infrastruktur di seluruh dunia, dengan 12 Zona Ketersediaan lainnya di empat Wilayah AWS di Bahrain, Hong Kong, Italia, dan Afrika Selatan diperkirakan akan online pada paruh pertama tahun 2020.

“Cloud memiliki kekuatan untuk mentransformasikan bisnis, institusi pendidikan, dan seluruh lembaga pemerintah di seluruh Indonesia, dan dengan wilayah infrastruktur AWS lainnya yang datang ke Asia Pasifik, kami berharap dapat membantu mempercepat transformasi ini,” kata Peter DeSantis, Wakil Presiden Global Infrastructure dan Dukungan Pelanggan, Layanan Web Amazon. “Membuka Wilayah AWS di Indonesia akan mendukung ekosistem startup yang tumbuh cepat di negara ini, perusahaan besar di Indonesia, dan lembaga pemerintah dengan membantu mendorong lebih banyak pekerjaan teknologi dan bisnis, meningkatkan ekonomi lokal, dan memungkinkan organisasi di semua vertikal untuk menurunkan biaya, meningkatkan ketangkasan , dan meningkatkan fleksibilitas. Kami senang AWS menjadi bagian yang berarti dari perjalanan ini. “