PitaData.com – Apple telah resmi merilis seri TWS AirPods terbaru, yaitu AirPods generasi ketiga. Apple meluncurkan AirPods 3 secara virtual di acara Apple Event Unleashed.

Tentunya, AirPods 3 yang baru saja Apple rilis membawa sejumlah hal baru dibanding para pendahulunya.

Dari segi fitur, AirPods 3 memiliki beberapa fitur yang bisa meningkatkan kualitas seperti Adaptive EQ, Spatial Audio, Dolby Atmos, dan masih banyak lagi.

Namun dibalik itu semua, terdapat satu hal yang harus publik pahami, yaitu AirPods 3 tidak dapat dijalankan di semua perangkat iPhone, iPad, maupun iPod.

Disebutkan Macrumors spesifikasi dari perangkat yang bisa mengoperasikan AirPods 3 adalah minimal sudah menggunakan iOS 13.

Selain iOS 13, AirPods 3 juga hanya kompatibel dengan iPadOS 13 atau lebih baru.            Alasannya karena sebagian besar fitur yang ada di AirPods 3 hanya bisa berfungsi di iOS 13 dan iPadOS 13.

Baca Juga:  Adopsi iOS 14 Lebih Dari Seperempat Pengguna iPhone

Lebih lanjut, karena wajib menjalankan minimal iOS 13 dan iPadOS 13, maka AirPods 3 tidak akan bisa dipakai di sejumlah perangkat iPhone dan iPad lawas.

Beberapa iPhone dan tablet iPad tersebut adalah iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 5s, iPad Mini2, dan iPad Mini 3.

Tidak hanya di iPhone dan iPad saja, AirPods 3 juga tidak akan bisa dioperasikan di iPod Touch generasi keenam.

AirPods 3 disinyalir hadir dengan desain batang yang lebih pendek, tanpa fitur Active Noise Cancellation, dan memiliki harga yang lebih terjangkau. Dengan kata lain, AirPods 3 didukung sasis dengan bekal baterai berdesain baru, meski dengan desain in-ear tanpa eartips silikon.

Pre-order AirPods 3 sudah langsung dibuka mulai 19 Oktober kemarin dan akan mulai dikirim pada tanggal 26 Oktober mendatang.

Baca Juga:  Apple Targetkan jadi Perusahaan Bebas Karbon pada 2030

Pemesanan Pre-order AirPods 3 dapat dilakukan melalui situs maupun aplikasi resmi Apple Store, khusus untuk negara yang sudah mendukung.

Apple membandrol TWS AirPods 3 seharga USD 179 (Rp 2,5 Juta) dan pembelian terlaksana lewat sistem Pre-order.