Adobe berencana menambahkan kemampuan di fitur Select Subject atau masking baru ke perangkat lunak Lightroom-nya pada bulan Oktober. Perusahaan memiliki tujuan untuk membantu editor foto mendapatkan hasil gambar yang mereka inginkan.

Fitur yang didukung oleh teknologi kecerdasan buatan ini memungkinkan fotografer menyoroti subjek foto seperti orang, bangunan, dan hewan dengan satu klik sehingga mereka dapat menyempurnakan warna, pencahayaan, dan karakteristik lainnya.

Mengutip Engadget, Rabu, 29 September, fitur ini mengandalkan AI untuk mengidentifikasi subjek tertentu atau tempat menarik lainnya dalam sebuah foto, seperti langit, setelah pengguna memilih sebagian dari foto tersebut. Pemilihan, yang disebut masking, membantu fotografer mengedit foto objek menjadi lebih menonjol atau mencerahkan warna langit yang pudar.

Baca Juga:  Google Rilis Penerjemah Hieroglif Berbasis Kecerdasan Buatan

“(Fitur) masking sekarang memungkinkan Anda untuk membuat pilihan kompleks dengan satu klik dan kemudian memperbaiki pilihan tersebut dengan akurasi dan mudah,” ungkap anggota tim Lightroom, Pei Ketron.

Adobe sedang membangun teknologi tersebut ke dalam Lightroom, Lightroom Classic dan Adobe Camera Raw (ACR) di Photoshop. Dan akan tersedia di sistem operasi Windows, ponsel Android, iPad, iPhone, dan Mac. Namun, fitur masking baru itu tidak akan hadir di Lightroom versi web.

Teknik penyamaran Lightroom baru menunjukkan peningkatan kekuatan AI di industri komputasi karena kemampuannya untuk menangani kompleksitas data dunia nyata. Biasanya sistem AI dilatih pada sejumlah besar data yang dianotasi dengan cermat, misalnya foto dengan wajah manusia yang lebih mendapat sorotan.

Baca Juga:  Google Rilis Penerjemah Hieroglif Berbasis Kecerdasan Buatan

Dengan adanya fitur ini, itu berarti fotografer tidak perlu menyeleksi foto mereka di Photoshop untuk pengeditan mendetail dan kemungkinan besar tidak akan pindah ke perangkat lunak saingan, seperti Phase One’s Capture One yang memiliki alat lebih rumit untuk masking.

Teknologi ini dapat mengenali berbagai jenis subjek berdasarkan bagaimana Adobe melatih sistem AI-nya, “Select Subject menggunakan detektor saliency yang terlatih khusus untuk mengidentifikasi subjek utama dalam sebuah foto dan telah dilatih dengan lebih dari 500.000 foto yang mencakup berbagai orang, struktur buatan, hewan, dan objek alami,” jelas Adobe.

Adobe sedang membangun berbagai alat AI lainnya selain fitur masking ke dalam perangkat lunaknya. Lightroom menggunakan AI untuk memperbesar foto, dan Photoshop sekarang menyertakan filter saraf untuk pekerjaan seperti menghaluskan kulit, mengaburkan latar belakang, dan menambahkan warna ke foto hitam putih.

Baca Juga:  Google Rilis Penerjemah Hieroglif Berbasis Kecerdasan Buatan

“Kami juga memiliki beberapa pembuatan teknologi baru yang menyenangkan yang sangat kami sukai yang akan memanfaatkan lebih lanjut masking berbasis bitmap yang akan kami rilis sekitar tahun depan,” tutur Adobe.