Acer meluncurkan SigridWave, sistem penerjemah berbasis AI yang dirancang khusus untuk menangani terminologi dan jargon game dalam menjembatani komunikasi antar gamer pada platform Planet9. Planet9 sendiri merupakan platform esports dari Acer yang merupakan wadah bagi para gamer untuk bersosialisasi. Planet9 dirancang untuk menyediakan komunitas terbuka bagi pemain kasual dan amatir yang ingin meningkatkan keterampilan mereka dan mengambil langkah untuk menjadi profesional.

SigridWave nantinya bertugas memfasilitasi komunikasi di antara para gamer di seluruh dunia dengan memanfaatkan teknologi pembelajaran mendalam untuk memecahkan hambatan bahasa. Terintegrasi dengan klien desktop Planet9, SigridWave aktif saat berada di lobi game dan kemudian berfungsi sebagai overlay dalam game yang dapat disesuaikan.

Baca Juga:  5 Rekomendasi Laptop untuk Sekolah Daring, Ada yang Rp3 Jutaan

Saat permainan berlangsung, SigridWave menggunakan teknologi Automatic Speech Recognition (ASR) untuk mengenali ucapan dan mengubahnya menjadi sebuah teks. Teks ini kemudian dijalankan melalui teknologi Neural Machine Translation (NMT), yang sejauh ini telah dilatih dengan lebih dari 10 juta pasangan kalimat dwibahasa, yang memungkinkannya untuk memahami terminologi terkait dengan game tertentu (seperti “ADS” atau “camping”) dan mempelajari cara pemain mengekspresikan diri.

Konteks adalah tantangan terbesar dalam terjemahan berbasis AI dimana banyak kata yang memiliki lebih dari satu kemungkinan arti, dan komputer kesulitan membedakan terjemahan mana yang paling cocok untuk situasi yang dihadapi ketika mereka tidak dapat memproses nuansanya.

Ditujukan khusus untuk bermain game, sejauh ini AI SigridWave telah dilatih dengan lebih dari 1.000 jam ucapan game-centric (suara + transkrip), memungkinkannya untuk menyampaikan kembali pesan yang terdeteksi secara akurat kepada pengguna dalam bahasa yang dapat mereka pahami.

Baca Juga:  Acer Perkenalkan Rangkaian Portfolio Monitor untuk Game

SigridWave akan memiliki versi closed beta pada Q4 2020. SigridWave akan tersedia untuk terjemahan antara bahasa Inggris dan Mandarin dalam sejumlah judul game FPS populer seperti Tom Clancy’s Rainbow Six Siege.

Acer juga mengumumkan sejumlah pembaruan untuk Planet9 yang menargetkan tingkat kompetitif permainan, yaitu kemampuan untuk membentuk tim atau klub brand dan penerapan fitur untuk menyelenggarakan turnamen. Dukungan overlay dalam game League of Legends akan diluncurkan pada akhir 2020 atau awal 2021, dan dukungan untuk lebih banyak judul game lain akan tersedia di masa mendatang.

Source link