Jakarta

Pengaruh buruk gadget pada anak-anak memang patut diwaspadai. Tak hanya mengganggu perkembangan sosial dan emosional anak, gadget juga dikhawatirkan bisa memperburuk hubungan Bunda dan si kecil.

Tapi meskipun begitu, ternyata menurut data yang diterbitkan Journal of Child Psychology and Psychiatry, dilansir Science Daily, dalam survei dari 3.659 orang tua, hanya ditemukan sedikit bukti bahwa gadget dapat mempengaruhi pola asuh anak-anak.

“Kami menemukan sangat sedikit bukti dan berharap data ini dapat membantu kami ke arah yang lebih konstruktif sehingga kami dapat memberikan yang terbaik terkait pengasuhan,” Jelas Kathryn L. Modecki, PhD, Penulis Utama dari Menzies Health Institute Queensland, Griffith University di Australia.




Berdasarkan dari temuan ini, kabar baiknya adalah Bunda sebenarnya bisa memberikan gadget pada anak-anak. Asalkan dengan aturan yang jelas, sehingga manfaat positifnya lebih besar untuk mereka.

Baca Juga:  Saingi iPad Mini, Xiaomi Luncurkan Xiaomi Pad 5 di RI

Pilih cara aman memberikan gadget agar tak mengganggu pola asuh untuk si kecil. Bagaimana caranya? Yuk simak 9 tips untuk menghabiskan waktu dengan gadget bersama si kecil, yang dilansir dari laman Psych Central berikut ini:

1. Jauhkan

Bunda, saat si kecil masih berada pada umur di bawah dua tahun, jauhkanlah mereka dari perangkat elektronik seperti gadget, tab, atau televisi.

2. Berinteraksi

Si kecil akan lebih merasa nyaman saat mereka bermain bersama Bunda atau ayah, lho. Jadi, cobalah untuk lebih berinteraksi dengan mereka secara langsung ya, Bunda. Misalnya dengan menonton bersama-sama, atau mendampingi mereka membuat tutorial dari YouTube.

3. Awasi

Saat Bunda memberikan gadget pada si kecil, awasi mereka agar tidak mengganggu waktu bermain dan bersosialisasi dengan teman-temannya ya, Bunda.

Baca Juga:  KBM Online Terkendala Gadget, Guru SD 4 Jepang Kudus Sambangi Rumah Siswa




Happy young little asian cute girl watching or playing digital tablet, laptop or mobile with cheerful parents on desk in family time concept in white room with window. Preschool children learning.Ilustrasi anak main gadget/ Foto: iStock

4. Batasi

Terkadang saat melihat layar gadget, si kecil akan lupa waktu nih, Bunda. Nah, Bunda harus mulai tegas dengan membatasi waktu main si kecil selama satu atau dia jam per hari. Hal ini juga berlaku untuk televisi dan komputer ya, Bunda.

5. Hadiah

Bunda, jangan pernah berpikir untuk menyingkirkan gadget dari kehidupan si kecil ya. Ini tidak mungkin terjadi, karena zaman terus berkembang. Tidak apa jika ingin menghadiahi mereka gadget di hari ulang tahun atau penerimaan hasil rapot.

6. Penggunaan Positif

Saat ini, gadget memang memiliki fungsi yang luar biasa lho, Bunda. Jika di kecil menggunakannya untuk hal yang positif, Bunda tidak perlu merasa khawatir.

7. Komunikasi

Bunda dan Ayah harus gunakan saat makan sebagai waktu untuk berkomunikasi dengan si kecil, nih. Bunda dan Ayah bisa tanyakan hal-hal menarik seperti, “Apa harimu menyenangkan?”, atau “Adik ingat enggak, ada berapa biskuit yang dimakan hari ini?”

8. Aplikasi

Saat Bunda sudah mengambil keputusan untuk memberikan mereka gadget, carikanlah mereka aplikasi yang bermanfaat seperti permainan susun kata, matematika, sains, dan sebagainya.

9. Saat Tidur

Saat bermain, terkadang si kecil suka ketiduran nih, Bunda. Hal yang harus Bunda lakukan adalah jauhkan gadget mereka ya, Bunda. Hal ini juga dapat mencegah si kecil terkena radiasi dari gadgetnya.

Semoga informasinya bermanfaat ya, Bunda.

Simak juga manfaat balet untuk perkembangan otak anak, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(Mutiara Ananda Putri/rap)





Source link

Baca Juga:  Bijak Berikan Gadget pada Anak Saat Proses Belajar di Rumah