JAKARTA – Teknologi memang hal yang luar biasa, namun penggunaan secara berlebihan bisa menimbulkan masalah. Kecanduan gadget pada anak misalnya, ini menjadi tantangan bagi orangtua bagaimana membuat anak tidak terus-menerus menatap layar.

Rasa adiktif pada gadget bisa membuat anak Anda memiliki tekanan emosional yang buruk dan gangguan kecemasan. Tidak hanya itu, anak juga akan kehilangan kemampuan kreatif dan bermain dalam kelompok.

Melansir Magic Crate, berikut adalah beberapa teknik mudah untuk menjauhkan anak-anak Anda dari gadget.

1. Berikan contoh

Sisihkan segala gadget Anda selama beberapa jam setiap harinya. Anda bisa ikut terlibat dalam hiburan alternatif lainnya bersama keluarga dan anak-anak.

2. Ubah rutinitas

Libatkan anak dalam kegiatan apapun, sehingga membuatnya lupa dan meninggalkan ponsel dan gadget lainnya.

3. Jangan Perlihatkan Gadget

Simpan ponsel dan gadget lain sehingga anak tidak dapat mengaksesnya dengan sesuka hati. Beri waktu kapan anak dapat menggunakannya.

4. Jangan biasakan belajar melalui gadget

Memang belajar melalui video di gadget akan lebih mempermudah. Namun, secara tidak sadar Anda perlahan berkontribusi terhadap kecanduan gadget.

5. Dorong berkegiatan di luar ruangan

Bermain di luar akan membantu anak belajar bermain dan bersosialisasi dengan anak lain. pada saat yang sama, itu juga akan membantunya membangun keterampilan motoriknya.

6. Terlibat dalam permainan imajinasi

Anak-anak cenderung menyukai permainan imajinasi, dan itu adalah cara terbaik untuk melibatkan anak-anak dalam pembelajaran yang menyenangkan.

7. Pembelajaran berbasis aktif

Alasan anak menyukai permainan pada gadget adalah adanya tantangan seperti kenaikan level pada game. Anak-anak akan dengan mudah meninggalkan gadget jika Anda memberikan suatu permainan yang menantang dan terlibat di dalamnya.




Source link