7 Produk Google Paling Populer

Google adalah perusahaan teknologi raksasa yang namanya sudah familier di antara para pengguna internet. Kamu mungkin paling mengenal Google sebagai mesin pencari di internet. Namun, Google selalu bergerak dan mengembangkan produk baru untuk dimanfaatkan orang-orang di seluruh dunia.

Ada banyak sekali produk yang telah diluncurkan oleh perusahaan teknologi raksasa ini. Banyak di antaranya yang menjadi sangat populer dan digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia setiap harinya.

Apa sajakah produk Google yang paling populer? Simak informasinya di sini ya.

1. Google Search Engine

Google Search Engine adalah produk pertama Google yang lahir pada pertengahan tahun 90-an. Sampai saat ini, Google Search Engine menjadi mesin pencari yang paling banyak digunakan di dunia.

Saat memikirkan internet, yang ada di pikiran kebanyakan orang pasti adalah Google Search Engine. Bahkan, ini adalah sesuatu yang diakses oleh banyak orang sehari-hari.

2. Google Chrome

Google Chrome merupakan web browser yang dikembangkan oleh Google dan digunakan oleh banyak orang. Google Chrome dinilai merupakan web browser tercepat sehingga berhasil menarik hati para pengguna internet.

Baca Juga:  GravityRAT Malware, dari Windows Kini Hantui Android dan MacOS

Memiliki interface yang sederhana dan memuat halaman web secara cepat membuat Googel Chrome menjadi browser yang paling banyak diinstall dalam waktu yang sangat singkat. Googel Chrome tersedia untuk Windows, OS X, Linux, Android, dan iOS.

3. Gmail

Gmail merupakan layanan email yang dikembangkan oleh Google dan menjadi yang paling populer di seluruh dunia. Gmail banyak digunakan oleh perorangan atau bisnis untuk berkirim surat secara elektronik.

Gmail memiliki banyak sekali keunggulan, seperti bisa mengirimkan lampiran langsung dari Gmail, memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 15 GB, dan opsi untuk membatalkan email dalam 30 detik pertama. Karena semua keunggulan ini, tak mengherankan jika Gmail menjadi layananan email paling populer, meskipun baru dirilis pada tahun 2004.

4. Google Translate

Google Translate merupakan piranti penerjemah instan yang dikembangkan oleh Google pada tahun 2006. Saat ini, Google Translate bisa menerjemahkan hingga ke lebih dari 64 bahasa. Ini bahkan menjadi piranti andalan pelajar sekolah dan mahasiswa.

Baca Juga:  Mengenal Gokada, Startup Ojek Online Asal Nigeria

Bukan hanya menerjemahkan kata, Google Translate juga dapat menerjemahkan halaman web secara instan. Inovasi ini telah melambungkan Google dan membuat Google Translate menjadi pengganti buku kamus.

5. Google Maps

Jika kamu merencanakan perjalanan ke lokasi yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya, kemungkinan besar kamu akan menginstall dan melihat Google Maps sebagai petunjuk. Bukan hanya kamu, miliaran orang lainnya juga menggunakan layanan ini untuk tujuan yang sama denganmu.

Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2005, Google Maps telah membantu banyak traveler sampai ke tempat tujuan tanpa tersesat. Seiring waktu, Google bahkan telah memperbarui aplikasi dan mendukung tampilan panorama interaktif 360 derajat serta citra satelit.

6. Android

Android adalah sistem operasi seluler berbasis Linux dan dikembangkan oleh Google. Sebagian besar smartphone saat ini menggunakan Android sebagai sistem operasinya.

Baca Juga:  Ekstensi Microsoft Outlook Hadir di Google Chrome

Android merupakan salah satu proyek terbesar Google hingga saat ini. Google bahkan telah mengembangkan versi Android untuk tablet, TV, perangkat portabel, dan beberapa mobil.

7. YouTube

Sebenarnya, YouTube dikembangkan pada tahun 2005 oleh tiga orang mantan karyawan PayPal, yaitu Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim. Namun, hanya berselang satu tahun setelah peluncurannya, yaitu di tahun 2006, YouTube diakuisisi oleh Google.

Sampai saat ini, YouTube telah menjadi layanan video online yang paling banyak diakses. Bahkan, YouTube menjadi sumber pendapatan bagi banyak orang hingga memunculkan fenomena YouTuber dalam beberapa tahun terakhir.

Demikianlah beberapa produk paling populer dari perusahaan raksasa Google. Harus diakui, banyak di antaranya yang mungkin kamu akses setiap harinya.

Tidak berhenti sampai di sini, saat ini Google masih terus mengembangkan produk baru yang mungkin akan sama fenomenalnya dengan produk-produk di atas. Duh, jadi gak sabar ya menunggu peluncuran produk Google yang lain.

Sumber: IDN Times

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar anda
Mohon masukkan nama anda disini