kecerdasan buatan. pixabay

PitaData.com – Kecerdasan buatan telah menjadi kata kunci yang merasuki seluruh kehidupan kita. Dalam banyak kasus, otomatisasi diharapkan akan menciptakan perubahan besar dalam cara kita bekerja di masa depan.

Bahkan jika perubahan itu tidak terjadi sekarang, pakar industri seperti Fortune telah menyatakan bahwa 40% pekerjaan akan digantikan oleh robot di masa depan.

Sebagian besar organisasi sedang mempertimbangkan Artificial Intelligence (AI) dan kemajuan teknologi lainnya di banyak bidang, mulai dari manufaktur hingga manajemen pelanggan. Pengenalan teknologi telah membuat beberapa perubahan cepat dalam cara kita bekerja.

Idealnya, otomatisasi akan menyebabkan beberapa perubahan besar sampai pada tingkat penggantian pekerjaan AI. Ketika teknologi dan komputer diperkenalkan, ini menunjukkan peningkatan produktivitas, jangkauan global, dan komunikasi yang lebih cepat di seluruh dunia.

Komputer telah mengurangi atau menghilangkan dokumen sampai batas tertentu. IT dan perangkat lunak telah benar-benar mengubah cara kita bekerja juga.

Tetapi apakah Anda pikir robot juga mengambil alih pekerjaan Anda? Mungkin sulit untuk memprediksi dampak pasti yang akan ditimbulkan AI pada pekerjaan tertentu. Mekanisasi dan teknologi telah berdampak pada profesi tertentu. Demikian pula, AI mungkin juga memiliki dampak itu.

Baca Juga:  Teknologi Blockchain di Balik Mata Uang Crypto

Berikut 7 macam pekerjaan masa depan yang kemungkinan akan tergantikan oleh kecerdasan buatan yang telah dilansir PitaData.com dari laman Saviom:

1 dari 3 halaman

1. Eksekutif layanan pelanggan

Telemarketing adalah industri besar, di mana ada ruang besar untuk otomatisasi dalam jangka panjang. Sudah ada area tertentu di mana fungsi panggilan tertentu telah digantikan oleh robot.

Saat ini, permintaan layanan pelanggan dapat diselesaikan melalui beberapa permintaan dasar, yang dapat diraih dan diganti oleh AI.

2. Pembukuan dan entri data

Ada kemungkinan Anda sudah lama tidak mendengar pembukuan sebagai profesi. Alih-alih menggunakan manusia untuk entri data dan pembukuan, masuk akal untuk AI dan ML (Pembelajaran Mesin) untuk diperkenalkan dalam siklus produk.

Peningkatan efisiensi dan integrasi yang lebih mudah dengan sistem yang ada akan menjadi dampak positif yang dimiliki kecerdasan buatan pada pekerjaan.

3. Resepsionis

Sebagian besar pemesanan hotel biasanya dilakukan melalui web hari ini. Dengan check-in otomatis di hotel-hotel besar dan kecil, ada kebutuhan yang lebih rendah untuk resepsionis dalam jangka panjang.

Baca Juga:  Drone 'R2-D2' akan Menjadi Penolong Pilot Pesawat Tempur

Bahkan dalam sambungan makanan cepat saji, pesanan dapat dilakukan melalui layar atau tab komunikasi hari ini. Dengan diperkenalkannya AI, ada peluang bagus bahwa robot dapat menangani pemesanan dan fungsi terkait lainnya.

2 dari 3 halaman

4. Proofreading

Pencarian sederhana akan menghasilkan sejumlah aplikasi proofreading yang tersedia online. Sementara mengedit adalah pekerjaan yang lebih kompleks dalam hal nada suara, pemahaman dan lain-lain, proofreading lebih sederhana di alam.

Mendeteksi kesalahan tata bahasa, konstruksi kalimat dan kesalahan lainnya dapat dengan mudah diotomatisasi melalui aplikasi yang berbeda.

5. Dukungan dan penjualan TI

Dukungan TI dan komputer telah berkembang seiring berjalannya waktu dengan diperkenalkannya panduan pengajaran yang mudah tersedia, FAQ dan dokumen pendukung lainnya. Oleh karena itu, AI akan menggantikan manusia dalam menyelesaikan masalah terkait TI dan menghilangkan kebutuhan untuk komunikasi pribadi dalam jangka panjang.

Bahkan di masa sekarang, chatbots tidak hanya menjadi bagian utama dari interaksi pelanggan. Mereka juga mendukung banyak pertanyaan internal lain.

Baca Juga:  Mau Simpan di Google Drive? Ini Keunggulan dan Kelemahannya

3 dari 3 halaman

6. Pekerjaan manufaktur dan farmasi

Ini mungkin area terbesar di mana orang takut pekerjaan akan diambil alih. Ketika proses produksi untuk sebagian besar komoditas yang diproduksi hari ini telah dimekanisasi, aspek operasional juga dapat ditangani oleh AI.

Bahkan di laboratorium farmasi, robot dapat bekerja sama dengan para ilmuwan yang menyediakan lingkungan yang jauh lebih aman, membuat hidup mereka kurang berisiko.

7. Layanan ritel

Layanan otomatis telah menggantikan cara penjualan dilakukan oleh orang-orang. Dari sejumlah pedagang yang fokus pada opsi pemesanan sendiri dan pembayaran, AI dapat dengan mudah dilibatkan juga.

Pekerjaan pengecer sudah digantikan oleh robot di banyak konglomerat belanja untuk memahami pola pelanggan dan menunjukkan produk lain yang mungkin diminati pelanggan di masa depan.

Beberapa pekerjaan lain yang juga dapat diganti di masa depan adalah salesman dari pintu ke pintu, penilaian kompensasi dan manfaat, jasa kurir, dan bahkan penjaga keamanan.

Dengan meningkatnya ketergantungan pada teknologi untuk fungsi-fungsi ini, keterlibatan manusia akan menjadi berlebihan untuk pekerjaan ini di masa depan. 

[amd]

Source link