Penggunaan PC dan laptop sudah tak terpisahkan dari kehidupan, selain melakukan kegiatan yang bersifat pekerjaan, PC juga dapat membantu  aktivitas lain seperti browsing internet, main game, dan lain-lain.

Terkadang saat menggunakan PC saat melakukan aktivitas browsing dan lain-lain, PC beresiko  terkena virus atau malware yang membahayakan. Maka dari itu, sangatlah penting untuk memproteksi  PC dengan antivirus berkualitas. Berikut adalah rekomendasi 5 merek antivirus gratis yang dapat anda coba.

1.Avast Antivirus

Siapa yang tidak kenal antivirus yang satu ini. Avast telah hadir dan dikembangkan sejak tahun 1988 oleh alwill software. Saat ini avast merupakan antivirus yang paling sering digunakan oleh para pengguna  PC.

Selain mudah didapat, antivirus ini juga efektif membasmi virus-virus dan malware. Dalam quick scan pertama saja, virus-virus akan akan langsung terdeteksi . kapasitas memori yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar.

Avast  juga memiliki beberapa fitur seperti  boot-time yang berfungsi  membersihkan malware sebelum Windows melakukan booting. Avast juga dapat memblokir situs yang mencurigakan juga menghentikan spam email.

2.SMADAV Antivirus

Antivirus berlogo segitiga berwarna hijau ini ditemukan oleh Zainuddin Nafarin di tahun 2006. Produk antivirus ini asli dari Indonesia. Kemampuan antivirus ini cukup mumpuni dan tak kalah dengan antivirus milik perusahaan terkemuka lainnya.

Smadav berfokus sebagai proteksi tambahan atau lapisan kedua antivirus, artinya SMADAV turut membantu kerja antivirus utama PC. Keunggulan SMADAV terletak pada kemampuannya untuk melindungi  dan membersihkan USB Flash-disk dari virus.

Misalnya seperti virus yang membuat isi dari flash-disk tidak terbaca. SMADAV juga sedang mengembangkan teknik kecerdasan buatan untuk mendeteksi malware. Untuk versi gratisnya, dapat diunduh di laman website resmi SMADAV. Sedangkan bila ingin mendapatkan versi premium, harganya hanya sekitar Rp. 30.000 saja.

3. Avira Antivirus

Antivirus gratis untuk PC berlogo payung merah ini ditemukan oleh Tjark Auerbach di tahun 2006. Avira sangat unggul dalam perlindungan PC terhadap virus, worm, spyware bahkan malware paling bahaya  yaitu trojan.

Untuk pengoprasiannya, Avira termasuk mudah untuk dioperasikan tanpa ada istilah-istilah rumit didalamnya. Avira Antivirus memiliki kemampuan yang baik dalam memblokir malware juga  memiliki toolbar pengamanan untuk browser.

Anda tidak perlu khawatir lagi saat berselancar di internet karena Avira sangat aktif mendeteksi situs-situs berbahaya. Kekurangan dari Avira terletak di  tampilan aplikasi yang cukup kompleks, apalagi bagi kalangan awam. Namun hal tersebut dapat dipelajari dan lama-lama akan terbiasa.

4.Windows Defender

Nama antivirus yang satu ini mungkin masih terdengar asing. Namun ternyata, antivirus ini adalah antivirus gratis untuk PC bawaan Windows yang biasanya sudah langsung terpasang. Peluncurannya memang kurang dipromosikan, sehingga banyak orang mengabaikan antiivirus bawaan ini.

Awalnya, Windows defender adalah merupakan rebranding dari Giant Antispyware. Dulunya Giant AntiSpyware hanya memiliki kemampuan anti Spyware dan terus dikembangkan hingga dapat menangkal virus dan malware.  Untuk mengaplikasikannya cukup mudah.

Biasanya windows defender akan memberitahu bila PC dalam keadaan kurang baik dengan peringatan berwarna merah. Setelah deepscan dan melakukan langkah pemulihan, Windows defender akan memberikan pemberitahuan bahwa PC telah aman dengan pemberitahuan berwarna hijau

Anda cukup mengaktifkan Windows Defender ini di PC , dan caranya pun berbeda-beda untuk masing-masing versi windows.

5. ESET NOD32 Antivirus

Nama anti virus ini juga mungkin masih cukup asing. ESET NOD32 merupakan salah satu antivirus gratis untuk PC yang cukup lengkap fitur dan kinerjanya. ESET mampu menangkal   virus, rogueware, rootkit, keylogger, spyware, trojan, dan lain-lain. Sayangnya, ESET NOD32 lemah dalam menangkal adware karena antivirus ini tidak memasang ekstensi apapun pada browser.

Meskipun begitu, ESET NOD32 terbukti ampuh untuk memblokir virus-virus akibat situs berbahaya. ESET NOD32 juga memiliki fitur secure data untuk melindungi data-data di PC yang dapat dicuri oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Menariknya lagi, antivirus ini juga memiliki fitur anti maling PC.

Source link