JAKARTA, iNews.id – Pembaruan sistem operasi besutan Apple yakni iOS 14 terbaru mempunyai banyak fitur yang menarik. Salah satunya adalah fitur translator, atau penerjemah, yang memungkinkan pengguna mudah menerjemahkan bahasa asing ke bahasa Ibunya, atau paling tidak bahasa universal yakni bahasa Inggris.

Fitur translator tersebut sangat berguna apabila Anda senang melancong ke negeri orang. Apalagi jika Anda pelancong baru, solo traveler, yang belum sempat mempelajari bahasa negara tersebut.

Namun jauh sebelum fitur baru iOS 14, ada beberapa aplikasi serupa pihak ketiga yang sudah dapat digunakan di iPhone Anda. Apa saja? Mari simak daftarnya seperti dirangkum iNews.id, Minggu (12/7/2020).

Google translate

Baca Juga:  Spotify Rilis Paket Premium Duo dengan Tarif Rp 60 Ribuan

Di urutan pertama ada Google Translate yang sudah tidak asing lagi. Aplikasi ini mendukung lebih dari 100 bahasa dengan menampilkan sumber dan bahasa target di bagian atas. Cara penggunaannya juga cukup mudah, yakni dengan ketuk nama setiap bahasa jika Anda ingin menerjemahkan satu bahasa ke bahasa lainnya.

Kemudian, Anda dapat mengetik, menggambar, atau mengucapkan kata-kata yang ingin Anda terjemahkan. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan mode percakapan khusus untuk menerjemahkan percakapan real-time antara Anda dan orang lain.

Microsoft translator

Selanjutnya ada Microsoft Translator. Ini adalah tool yang efektif, terutama jika Anda mencoba melakukan percakapan dengan orang lain. Caranya cukup ke layar beranda aplikasi, ketuk ikon mikrofon untuk berbicara, atur sumber dan bahasa target Anda, dan ucapkan kata, frasa, atau lebih.

Baca Juga:  Suka Lari? Intip 4 Aplikasi Terbaik untuk iOS dan Android

Selanjutnya, kata-kata Anda muncul di layar bersama dengan terjemahan. Aplikasi juga akan secara otomatis membaca terjemahan dengan keras. Selain itu, di aplikasi ini, Anda juga dapat mengubah bahasa sumber dan target.

Translator with Speech

Di urutan ketiga ada Translator with Speech. Aplikasi gratis ini dapat menerjemahkan berbagai bahasa melalui teks, kamera, atau suara. Pilih bahasa sumber dan target Anda. Cara kerjanya, ucapkan teks Anda atau ketik dan kemudian kirimkan untuk memungkinkan aplikasi menerjemahkannya.

Aplikasi kemudian menampilkan teks Anda dengan terjemahan dan membaca terjemahan dengan keras. Anda juga dapat menerjemahkan teks dengan mengambil gambar dengan kamera Anda.

SayHi Translate

Terakhir ada SayHi Translate. Aplikasi gratis yang menangani terjemahan teks dan suara. Ini adalah pilihan ideal untuk melakukan percakapan dengan orang lain. Caranya, jalankan SayHi dan pilih bahasa sumber dan target Anda. Ketik atau bicara, kemudian terjemahan akan muncul dan dibaca keras-keras.

Baca Juga:  Tips Download Lagu di Spotify, Gampang Banget

Selamat mencoba!

Editor : Dini Listiyani





Source link