SURYA.co.id – Simak daftar aplikasi telekonferensi yang paling hemat kuota internet menurut 3 Indonesia.

Diketahui, pemerintah Indonesia telah mengimbau masyarakat untuk bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah untuk mencegah penyebaran virus corona atau covid-19.

Hal ini membuat penggunaan layanan aplikasi telekonferensi pun meningkat.

3 Indonesia berkesempatan menguji kebutuhan kuota internet dari empat aplikasi telekonferensi populer yang paling banyak digunakan di jaringan seluler 3 Indonesia.

Hasil dari pengujian internal terbatas 3 Indonesia itu pun telah dipublikasikan.

Hasil tersebut tentunya bisa membantu pengguna maupun calon pengguna untuk memilih aplikasi telekonferensi yang paling hemat kuota internet.

Keempat aplikasi yang diuji oleh 3 Indonesia itu adalah Hangouts, Skype, Webex, dan Zoom.

Logo aplikasi Zoom yang digunakan untuk video conference
Logo aplikasi Zoom yang digunakan untuk video conference (kolase tek.id)

Pengujian menggunakan bantuan lima partisipan yang melakukan telekonferensi selama tiga puluh menit pada masing-masing layanan telekonferensi yang dimaksud.

Perangkat yang digunakan pun sama untuk setiap pengujian.

Dari pengamatan 3 Indonesia, aplikasi telekonferensi yang membutuhkan kuota internet lebih besar biasanya menawarkan kualitas video yang lebih baik.

Seperti dilansir dari Infokomputer dalam artikel ‘Aplikasi Telekonferensi Paling Hemat Bandwidth Menurut 3 Indonesia’

Adapun aplikasi telekonferensi yang membutuhkan kuota internet lebih kecil umumnya mengonsumsi jumlah data yang lebih sedikit pula.

Aplikasi mana yang dipilih tentunya bergantung pada pengguna; ingin hemat data atau ingin video yang lebih berkualitas.

Selain itu, 3 Indonesia juga melihat kebutuhan kuota internet setiap aplikasi bervariasi sesuai dengan perangkat yang digunakan.

Operator telekomunikasi seluler 3 Indonesia sendiri mencatat peningkatan akses yang signifikan terhadap keempat layanan telekonferensi tersebut.

Hasilnya, aplikasi Zoom dinyatakan paling hemat kuota internet dengan konsumsi bandwidth 700 kbps.

Aplikasi Zoom untuk android bisa kamu download di sini : LINK

Di peringkat 2 ada aplikasi Skype dengan konsumsi bandwidth 977 kbps.

Aplikasi Skype untuk android bisa kamu download di sini : LINK

Lalu disusul oleh aplikasi Hangouts dengan konsumsi bandwidth 1100 kbps.

Aplikasi Hangouts untuk android bisa kamu download di sini : LINK

Dan yang paling boros kuota internet adalah Webex dengan konsumsi bandwidth 1700 kbps.

Aplikasi Webex untuk android bisa kamu download di sini : LINK

Aplikasi Zoom Diberi Rating Jelek

Meski jadi Aplikasi teleconference paling hemat kuota internet, Zoom di toko aplikasi Google Play Store mendapat rating ( nilai ulasan) rendah pada minggu lalu.

Nilai ulasan Zoom sempat tinggi, yaitu dengan nilai 4,4 dari 5 pada November 2019 silam, namun terus merosot sampai ke angka 2.0 pada 17 Maret lalu.

Usut punya usut, ternyata ada sekelompok oknum yang terus menjejali kolom ulasan aplikasi tersebut dengan nilai atau bintang 1, agar Zoom “ditendang” dari Play Store.

Melansir AndroidPolice, salah satu kelompok oknum disinyalir adalah sekumpulan anak-anak yang mengulas Zoom dengan keluhan yang kurang relevan dengan layanan yang ditawarkan aplikasi tersebut.

Beberapa di antaranya, misalnya, berbunyi sebagai berikut.

“Tidak mau belajar lewat aplikasi ini, jadi (saya) memberikan bintang 1, saya tidak menyinggung, lho,” ujar seorang pengguna bernama Prashant Maurya.

“Aplikasi sampah,” kata pengulas lain bernama Hup Senator.

Selain bocah, AndroidPolice juga berspekulasi bahwa ada kelompok lain yang secara sengaja membombardir kolom ulasan bintang 1, agar konsumen lebih memilih aplikasi teleconference lain ketimbang Zoom.

Diketahui, nilai ulasan di toko aplikasi Play Store boleh dibilang penting untuk sebuah produk.

Sebab, dari sekadar nilai ulasan, pengguna yang mencari aplikasi di kategori yang sama, dalam hal ini teleconference, bisa saja bertolak ke aplikasi lain seperti Cisco Webex (4,4) atau Microsoft Teams (4,2).

Namun, tetap saja, Zoom bisa dibilang merupakan aplikasi teleconference gratis yang paling banyak diminati (diunduh 50 juta kali) dan hingga saat ini masih mejeng di urutan pertama aplikasi kategori “Business”.

Dengan banyaknya pengguna Zoom, bukan tidak mungkin pula nilai bintang 1 itu merupakan ulasan asli, lantaran konsumen mungkin saja tidak mendapatkan apa yang ia harapkan di aplikasi tersebut.

Terlepas dari itu, nilai ulasan keseluruhan aplikasi Zoom di Play Store, seperti pantauan KompasTekno, kini berangsur membaik dan sudah meningkat ke angka 4.0.

Google nampaknya “sadar” dan langsung membasmi sebagian ulasan bintang 1 yang mereka anggap tidak relevan atau palsu, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari AndroidPolice, Senin (23/3/2020).

Meski demikian, pihak Google belum mengonfirmasi hal tersebut.

Sebagai informasi, Zoom adalah aplikasi teleconference yang mampu memuat hingga 100 orang lebih dalam sebuah ruangan (session) virtual.

Zoom bisa digunakan secara cuma-cuma, namun dalam satu session, konsumen hanya bisa melakukan teleconference dengan durasi maksimal 40 menit.

Mereka lantas bisa meng-upgrade akun Zoom mereka dengan sejumlah uang agar bisa memperpanjang durasi meeting.

Zoom sendiri menjadi salah satu solusi bagi konsumen yang ingin melakukan rapat secara virtual mengingat diterapkannya kebijakan bekerja dari rumah (work from home/WFH) oleh pemerintah sebagai antisipasi penyebaran virus corona (Covid-19).

Adapun aplikasi serupa lain yang bisa konsumen lirik seperti Hangouts Meet, Microsoft Teams, Cisco Webex Meetings, hingga Slack.

Source link