PitaData.com, Alibaba Cloud mengumumkan bertambahnya tiga mitra dari universitas, yaitu Universitas Gadjah Mada (UGM), Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT (I-TECH) dan Universitas Kristen Krida Wacana (UKRIDA).

Ketiganya ikut bergabung dalam Digital Talent Empowerment Program (Program Pemberdayaan Talenta Digital), sebuah inisiatif yang dimulai raksasa penyedia layanan komputasi awan ini di awal tahun 2020 untuk mempercepat pengembangan talenta digital di Indonesia.

Pengumuman kemitraan ini melanjutkan upaya Alibaba Cloud yang sebelumnya telah bermitra dengan Binus University dan Universitas Prasetiya Mulya untuk memberikan pelatihan seputar cloud dan intelegensi digital bagi para mahasiswa dan staf pengajar di bulan Januari lalu.

Berdasarkan kesepakatan kerja sama antara tiap universitas dengan Alibaba Cloud, disepakati bahwa di tahun 2020, Alibaba Cloud akan memberikan program pelatihan dan lokakarya untuk sekitar 100 instruktur atau pengajar di tiga universitas tersebut.

Baca Juga:  LingoTalk Wakili Indonesia dalam Program Akselerator Startup Se-Asia

Upaya ini dilakukan untuk mendorong para pengajar di kampus masing-masing agar berbagi dan meneruskan materi pembelajaran yang mereka terima perihal cloud dan teknologi digital kepada para mahasiswanya melalui materi perkuliahan/praktek terkait.

Selain itu, Alibaba Cloud akan menyediakan materi-materi pembelajaran terkait komputasi awan, analitik, intelegensi, dan sistem keamanan cloud. Mahasiswa yang telah mendaftar secara online akan mendapatkan berbagai benefit eksklusif sebagai peserta, termasuk Elastic Compute Service (ECS) dan dapat mengikuti 10 jenis/topik pelatihan dan sertifikasi secara gratis.

Melalui inisiatif ini diharapkan mendapatkan setidaknya 3.000 mahasiswa dari tiga mitra universitas yang terlatih dalam materi terkait cloud dan intelegensi digital.

Country Manager Alibaba Cloud Indonesia, Leon Chen mengatakan kami sangat bersemangat untuk dapat bermitra lagi dengan lebih banyak universitas guna mempercepat pelatihan talenta digital di Indonesia.

Baca Juga:  Alibaba Tanggapi Rencana AWS Bangun Server di Indonesia

“Mengadopsi cloud dan meningkatkan kecerdasan digital berbasis cloud menjadi hal yang lebih penting jika dibandingkan sebelumnya, terutama ketika kita menghadapi tantangan baru akibat pandemi. Kami berharap dengan membagikan teknologi, keahlian, dan pengalaman yang kami miliki, dapat berkontribusi pada lebih banyak pengembangan bakat lokal dan membantu memenuhi kebutuhan transformasi digital di berbagai bisnis di Indonesia,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima AkuratIptek, Kamis (23/7/2020).

Menyambut kemitraan baru ini, Dr. Azhari selaku Sekretaris Departemen pada Departemen Ilmu Komputer & Elektronik FMIPA UGM menyatakan pihaknya sangat bangga dapat bermitra dengan Alibaba Cloud.

“Melalui kemitraan ini, kami ingin mendorong mahasiswa UGM untuk menambah pengetahuan dan pengalaman mereka mengenai komputasi awan. Kami percaya peran universitas dapat menjadi lebih signifikan dalam melengkapi mahasiswa lulusan IT dengan sertifikasi dan keterampilan yang mereka butuhkan untuk memasuki dunia kerja nanti,” pungkasnya.

Baca Juga:  Alibaba Cloud Gelontorkan Investasi US$283 Juta

Source link