PitaData.com – Saat ini, profesi Youtuber sedang digandrungi masyarakat. Baik tua, muda, hingga anak-anak berlomba membuat konten dan karya yang menarik masyarakat dan tentunya diharapkan bisa menghasilkan pundi-pundi uang. Namun, cara mendapatkan uang dari Youtube juga perlu trik dan tips khusus.

Selain menyajikan hiburan, Youtube juga memberikan tontonan yang berkualitas dan lebih beragam. Maka tak heran jika banyak orang menyebut Youtube lebih dari TV. Karena pengguna dan peminatnya yang membludak, banyak peluang usaha yang menjanjikan dan bisa Anda dapatkan dengan menekuni profesi Youtuber.

Sebut saja beberapa Youtuber yang sukses dan memiliki penghasilan puluhan bahkan ratusan ialah Atta Halilintar yang terkenal dengan konten prank juga vlog, Ria Ricis yang viral karena kegemarannya membuat video komedi hingga wawancara bersama para artis. Tertarik menjadi Youtuber? Berikut ini beberapa cara meraup keuntungan dari Youtube.

Baca Juga:  Youtube memblokir video ‘vulgar’ dari vlogger gaming Indonesia, Kimi Hime, mengikuti permintaan pemerintah

1. Membuat Channel Youtube

Langkah pertama untuk menjadi seorang Youtuber dan menghasilkan banyak keuntungan dari akun Youtube, Anda perlu membuat channel Youtube pribadi. Tentukan nama apa yang ingin Anda gunakan dan pastikan sesuai dengan tema channel Youtube Anda. Buatlah konsep konten yang menarik, mengundang penasaran atau menambah wawasan baru bagi masyarakat.

2. Monetasi Akun Youtube

Ilustrasi YouTube. [Shutterstock]

Setelah membuat channel dan menentukan tema serta konsep, langkah berikutnya ialah memonetasi akun Youtube Anda agar bisa mendapatkan uang dari Youtube. Berikut caranya:

– Klik ‘Account Information’

– Klik ‘Creator Studio’ yang ada di sebelah kiri

– Klik ‘Channel’, ‘Status’, dan ‘Feature’

Baca Juga:  Sri Lanka Blokir Facebook dan WhatsApp Setelah Tragedi Bom Paskah

– Klik ‘Enable Monetization’ dan centang kolom persetujuan yang tertera

Selain cara tersebut, Youtube juga punya syarat monetisasi yakni channel Youtube Anda harus memiliki minimal 1.000 subscriber dan telah ditonton selama 4.000 jam dalam waktu 12 bulan. Jika telah memenuhi syarat tersebut, maka Youtube akan memverifikasi dan meninjau apakah konten yang Anda buat original atau tidak.

3. Adsense

Selain bekerjasama dengan Youtube, Anda juga bisa menghasilkan uang dengan menambahkan iklan pada konten yang telah Anda buat. Caranya ialah melakukan associate dan approved Youtube AdSense account ke akun Youtube. Lalu, cek penghasilan Anda dengan Youtube Analytic. Anda hanya bisa menerapkan iklan berbayar apabila akun Anda telah melengkapi dan mengikuti proses pembayaran atau Youtube treshold. Umumnya, iklan akan muncul pada video setelah mengaktifkan monetisasi dan telah diverifikasi lebih lanjut. Dengan begini, cara mendapatkan uang dari Youtube bisa terwujud dengan mudah.

Baca Juga:  Kehadiran media sosial suatu keharusan bagi pemilik bisnis saat ini

Itulah cara mendapatkan uang dari Youtube!

Source link